FAQ

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Jawab: Program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan program lanjutan dari beasiswa Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina. Sumber pendaanaan program ini berasal dari pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina (persero) yang dikelola oleh Pertamina Foundation. Program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi terdiri dari tiga jenis, yaitu Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Reguler, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Khusus, dan program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Khusus Indonesia Timur
Jawab: Tujuannya besar dari program ini adalah menyiapkan pemimpin bangsa yang mampu belajar, berbagi dan bergerak bersama untuk alam dan memiliki jiwa kewirausahaan. Mahasiswa terpilih diharapkan menjadi agen yang mampu menularkan pola pikir positif tentang kelestarian alam.
Jawab: Program ini ditujukan kepada generasi muda, khususnya mahasiswa Indonesia dengan jenjang strata-I dalam berbagai disiplin ilmu, dan berasal dari Perguruan Tinggi mitra Program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi yang memiliki kecintaan terhadap kelestarian lingkungan
Jawab:
  1. Memiliki jiwa kepemimpinan serta mampu terlibat dalam pengelolaan serta pelestarian lingkungan
  2. Memiliki tingkat kedewasaan dalam mengelola emosi, percaya diri, dan mampu beradaptasi serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
  3. Memiliki pikiran yang terbuka dan berpikir untuk maju
  4. Cinta tanah air
  5. Berkomitmen untuk mewujudkan sinergi antara kelestarian lingkungan dan kemajuan bangsa.
Jawab:
  1. Umum
    • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lain yang sah dan masih berlaku.
    • Terdaftar sebagai mahasiswa/ mahasiswi aktif atau tidak dalam masa cuti dari Perguruan Tinggi Negeri mitra PF, dibuktikan dengan scan/ foto Kartu Mahasiswa.
    • Minimal telah menempuh kuliah selama 4 (empat) semester.
    • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada saat pendaftaran minimal 3.00, dibuktikan dengan scan/ foto dokumen IPK yang diterbitkan pihak berwenang/ fakultas/ universitas).
    • Tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang/narkoba dan tindak kriminal lainnya, didukung dengan surat pernyataan bermaterai.
    • Mengisi formulir pendaftaran online pada beasiswa.pertaminafoundation.org.
    • Bersedia menjalani proses seleksi yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation.
    • Melampirkan/ mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan/ dibutuhkan.
  2. Khusus
      Menulis dan mengirim karya tulis dalam bentuk essay, dengan ketentuan:
    • Essay dibuat sendiri dan bukan merupakan hasil plagiat
    • Ditulis dalam 4 halaman kertas ukuran quarto (A4) dengan jumlah kata tulisan 1200 &ndash 1400, dengan jarak antar baris 1,5 spasi
    • Tulisan disertai dengan foto kegiatan minimal 2 buah foto.
    • Tema : "Aksi Untuk Pelestarian Lingkungan Negeriku"
    • Substansi essay mengutamakan pemanfaatan sumber daya lokal/ teknologi rendah, berkontribusi positif terhadap lingkungan, mempunyai dampak meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
    • Tidak sedang menerima beasiswa dari organisasi lainnya (dibuktikan dengan melampirkan scan/ foto surat keterangan dari fakultas/ jurusan/ bagian akademik perihal pernyataan / rekomendasi dimaksud).
    • Aktif dalam organisasi/ aksi sosial atau lingkungan, dibuktikan dengan melampirkan scan/ foto surat rekomendasi dari tokoh/ pengurus/ pelaku organisasi lingkungan hidup, dan atau organisasi sosial kemasyarakatan.
    • Bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan secara ekonomi agar melampirkan scan/ foto surat keterangan tidak mampu dari Desa/ Kelurahan.
    • Melampirkan scan/ foto Kartu Keluarga (KK)
Jawab:
  1. Bantuan UKT maksimal sebesar Rp 5.000.000/ semester
  2. Bantuan biaya hidup bulanan sebesar Rp 500 ribu
Jawab: Penerimaan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi meliputi tiga tahap seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi dan seleksi wawancara. Setelah menerima berkas pendaftaran online, tim seleksi Pertamina Foundation akan melakukan validasi dan pengecekan kelengkapan. Berkas yang lolos akan diikut sertakan dalam tes substansi, sedangkan yang tak lolos akan menerima pemberitahuan. Proses kemudian berlanjut kepada pemeriksaan subtansi untuk memilih dan menentukan perserta yang berhak lolos dalam wawancara. Seleksi subtansi merupakan penilaian bobot dokumen yang dikirim ke panitia berdasarkan ketentuan yang ada. Dalam tes wawancara, pelamar akan berhadapan dengan empat unsur, yaitu perwakilan Pertamina Foundation, PT Pertamina (Persero), dan Perguruan tinggi setempat. Lokasi wawancara berada kampus masing-masing. Adapun pengumuman akhir akan dipublikasikan di laman beasiswa.pertaminafoundation.org.
Column