Sobat Bumi Sumbawa untuk Tana Samawa

single-news4.jpg
Thursday, January 14, 2016Posted by : Admin

Sobat Bumi Sumbawa adalah organisasi generasi muda yang bergerak dalam bidang konservasi lingkungan yang berada dibawah naungan Universitas Teknoogi Sumbawa. Seluruh founder dari anggota Sobat Bumi Sumbawa adalah penerima aktif beasiswa dari Pertamina Foundation. Sobat Bumi Sumbawa tergabung dalam sobat bumi Indonesia yang berada di salah satu dari lima regional yakni regional Bali-Nusra yang terdiri dari Sobat bumi Bali dari Universitas Udayana, Sobat Bumi Mataram dari Universitas Mataram dan Sobat Bumi Sumbawa dari Universitas Teknologi Sumbawa.

Sobat Bumi Sumbawa terdiri atas dua fokus program kerja yakni pertama penanaman pohon binong dan kedua konservasi terumbu karang. Latar belakang dari pemilihan kedua program kerja ini yakni bersangkutan dengan kearifan lokal dan identitas tana samawa. Penanaman pohon binong dilatar belakangi bahwa pohon ini adalah sebagai rumah dari lebah hutan Apis dorsata informasi ini didapatkan langsung dari masyarakat sekitar daerah Batu Dulang, yakni suatu daerah yang merupakan tempat penghasil madu hutan terbanyak di kabupaten Sumbawa. Sehingga ketika kita melestarikan pohon binong maka akan semakin banyak lebah hutan, semakin banyak lebah hutan maka semakin banyak madu Sumbawa.

Kedua pemilihan konservasi terumbu karang dilatarbelakangi oleh letak geografis pulau Sumbawa yang berada di Coral triangle dunia yang merupakan surga dari terumbu karang dunia. Alasan mengapa harus dilakukannya konservasi jawabannya sangat mudah yaitu budaya. Pulau Bungin kecamatan Alas adalah salah satu pulau di Sumbawa yang merupakan pulau terpadat di dunia yang memiliki budaya untuk menjadikan karang sebagai fondasi rumah ketika ingin membentuk sebuah keluarga baru. Sehingga lambat laun budaya ini akan merusak ekosistem terumbu karang yang kita semua tahu bahwa setiap tahunnya terumbu karang hanya dapat tumbuh 1 cm dan maksimal 2 cm dengan menggunakan kejutan listrik. Sehingga sobat Bumi Sumbawa datang sebagai solusi dengan semangat mahasiswa yang mencintai bumi untuk menyelamatkan bumi secara bersama-sama belajar, berbagi, dan bergerak bersama membentuk sebuah sinergitas untuk sebuah efektivitas dari sebuah aksi hijau.

Hingga sekarang anggota aktif dari Sobat Bumi Sumbawa berjumlah 60 orang dan akan terus bertambah, organisasi yang bergerkan untuk kepedulian demi meningkatkan kepedulian masyarakat dan pemuda (Community Awareness) untuk mewujudkan keterlibatan dari masyarakat dan pemuda (Community Involvement) dalam mencintai dan melestarikan lingkungan.


Blog Search

Berita Lainnya