Tentang

Beasiswa PERTAMINA Sobat Bumi

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi yaitu program pemberian bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, stimulan bantuan aksi sobat bumi dan/atau bantuan pendukung lain dalam rangka kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada siswa/mahasiswa/masyarakat. Gambaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Khusus yaitu program pemberian bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, stimulan bantuan aksi sobat bumi dan/atau bantuan pendukung lain dalam rangka kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada siswa/mahasiswa/masyarakat dengan berdasar kebijakan khusus dan persetujuan pimpinan Yayasan Pertamina.



Tujuan Umum Beasiswa

Memperkuat Pendidikan Tinggi (PT) di Sumbawa yang menjadi Mitra Pertamina Foundation dengan memberikan bantuan beasiswa agar berprestasi dan mampu untuk menjadi kader pemimpin masa depan yang ramah lingkungan



Tujuan Khusus Beasiswa

1. Memberikan kesempatan putra/putri Indonesia untuk mendapatkan akses pendidikan ;
2. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Pendidikan Tinggi (PT);
3. Membantu meringankan beban biaya kuliah mahasiswa agar meningkat indeks prestasi (IP) akademiknya dan lulus tepat waktu;
4. Memberikan stimulan bantuan untuk aksi peduli lingkungan dan peningkatan kapasitas agar lebih siap menjadi kader pemimpin masa depan yang ramah lingkungan;



Sasaran Program Beasiswa

Sasaran penerima beasiswa adalah putra/putri yang kuliah di Perguruan Tinggi di Sumbawa mitra Pertamina Foundation yang berprestasi di bidang akademik, mempunyai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, berkomitmen untuk berkontribusi positif terhadap hidup yang ramah lingkungan, dan diutamakan memiliki keterbatasan secara ekonomi.



Bentuk Bantuan Beasiswa

Komponen bantuan beasiswa yang diberikan meliputi:
1. Bantuan biaya pendidikan merupakan bantuan untuk pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Perguruan Tinggi termasuk pembayaran praktikum, buku dan pembinaan mahasiswa lainnya dengan besaran bantuan maksimal Rp 5.000.000,00 per-Semester;
2. Bantuan biaya hidup, merupakan bantuan pendukung untuk kegiatan pendidikan. Pemberian bantuan biaya hidup melekat dengan bantuan biaya pendidikan. Dalam hal mahasiswa/ mahasiswi mengajukan cuti kuliah sehingga tidak mendapatkan pembiayaan beasiswa pendidikan maka biaya hidup juga akan dihentikan sampai mahasiswa menyelesaikan cutinya. Bantuan biaya hidup diberikan flat Rp 500.000,00/ bulan.
3. Bantuan kegiatan Aksi Sobat Bumi. Penerima beasiswa diwajibkan untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian lingkungan dan berkontribusi positif terhadap perbaikan lingkungan sekitar. Diberikan bantuan yang bersifat stimulan dengan besaran disesuaikan kemampuan Pertamina Foundation untuk kegiatan green living dan environmental sustainability yang dapat dilakukan secara perseorangan maupun berkelompok.
4. Training Capacity Building. Penerima beasiswa akan mendapatkan training pengembangan individual yang dikoordinir oleh Pertamina Foundation mengenai pengetahuan, motivasi, ketrampilan, maupun pengembangan organisasi seperti pengembangan jaringan, leadership, dan lain lain.
5. Gathering Sobat Bumi (atau kegiatan sejenisnya). Penerima beasiswa wajib mengikuti kegiatan yang berupa orientasi/ pengenalan beasiswa dan sobat bumi, kegiatan aksi sobat bumi, dan team building.