Aktivitas

Outbound

ketika keterbatasan tak jadi penghalang bangun karakter diri. Peserta akan membuktikan melalui tantangan outbound bahwa keterbatasan fisik tidak akan membuat patah semangat dalam melewati setiap tantangan. Akan selalu ada jalan dan harapan bagi orang-orang yang mau berusaha dengan segala keterbatasan yang dimilikinya. Menjalani dan menyelesaikan setiap tantangan dalam outbond sesuai dengan instruksi. Berbagai macam tantangan dalam outbond, diharapkan menjadikan mereka menjadi pribadi yang berkarakter dan berwawasan lingkungan.


Outbound soft skill tidak banyak membutuhkan kekuatan fisik, melainkan lebih pada menggunakan pikiran dan keyakinan dari dalam diri untuk dapat melalui rintangan dan dan tantangan dalam permainan tersebut.
Ada 6 (enam) buah permainan soft skills yang disediakan dalam outbound training SOBI ini. Banyaknya jenis permainan yang disediakan namun tidak disertai dengan banyak spot per jenisnya mengakibatkan tidak semua tim bisa bermain disemua jenis permainan tersebut. Adapun masing-masing permainan tersebut sebagai berikut:


1) Jagur
Jagur adalah permainan tim yang membutuhkan kerjasama dan keselaran gerak. Permainannya yaitu memecahkan balon yang berisi air dengan menggunakan alat bantu tongkat panjang dan tali untuk menggerakkan tongkat.
Permainan yang sepertinya mudah ini ternyata susah dilakukan, terbukti dengan 4 tim yang memainkan permainan ini membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk menyelesaikannya. Kendala permainan ini pada saat menggerakkan tali untuk mendorong bambu. Jika tidak dilakukan secara bersamaan, maka bambu tidak bisa berayun menuju arah balon dengan tepat.


2) Log Zigzag
Log Zigzag adalah permainan keselarasan gerak yang membutuhkan kerjasama tim yang tinggi. Permainan ini hampir sama dengan Jagur hanya saja tujuan permainan yaitu memindahkan bambu ke sisi seberang dengan melewati rintangan lingkaran besi.
Permainan ini menjadi permainan yang banyak dipilih oleh peserta, dikarena tidak begitu sulit untuk dilakukan. Tingkat keberhasilannya sangat tinggi karena dari 13 kelompok yang memainkan permainan ini hanya ada 1 kelompok yang membutuhkan waktu cukup lama yaitu 12 menit untuk menyelesaikan.


3) Puzzle
Permainan puzzle yaitu menggabungkan potongan-potongan kayu yang akan menghasilkan suatu gambar tertentu. Tim tidak hanya harus bekerjasama menyelesaikan puzzle dengan cepat tetapi juga saling adu yel-yel penyemangat.


4) Trust Fall
Trust fall adalah salah satu permainan yang dilakukan secara berkelompok. Permainan ini bertujuan untuk melatih kepercayaan seseorang terhadap orang lain. Dalam permainan ini antar sesama anggota tim harus saling percaya, terutama satu anggota yang menjatuhkan diri ke arah belakang yang di bawahnya sudah ada beberapa teman dengan formasi tertentu bertugas menangkapnya. Anggota yang di atas, tugasnya sekedar mengkakukan badannya lalu kemudian menjatuhkan diri (fall) dan memasrahkan dirinya dengan kepercayaan penuh (trust) akan ditangkap oleh teman-temannya di bawah. Nuansa psikologis yang terdapat dari permainan trust fall sangat mempengaruhi kedua belah pihak.
Permainan ini meskipun dipandang mudah, namun pada kenyataannya susah untuk dilakukan dengan hasil yang maksimal. Dari 10 orang dalam 1 tim, rata-rata hanya 2 sampai 3 orang yang berhasil berani menjatuhkan badannya dengan percaya.


5) Roller Made
Roller Made merupakan permainan yang membutuhkan satu komando dan gerakan yang seragam. Roller made ini dimainkan oleh satu tim yang berisi 5 orang. Peraturannya mereka harus berjalan menggunakan kain tersebut dan kaki tidak boleh keluar dari kain. Mereka harus berlomba antar tim. Tanpa adanya komando yang jelas, gerakan yang serentak dengan kecepatan yang sama, tidak akan bisa memainkan roller made dengan lancar dan cepat. Rata-rata tim dapat memainkan permainan dengan cepat.


6) Lempar Senjata
Lempar senjata merupakan jenis permainan ketangkasan yang membutuhkan konsentrasi tinggi untuk bisa mencapai tujuan permainan. Masing-masing peserta berusaha melemparkan parang kecil dan pisau ke tiang kayu yang berjarak 5 meter dari tempat peserta berdiri. Permainan ini dipandu oleh anggota TNI yang sangat menguasai permainan.