Tentang

Sobat Bumi Indonesia

Gerakan sosial adalah aksi kolektif (collective action) sejumlah besar orang untuk menciptakan tatanan kehidupan baru atau menggapai tujuan atau gagasan bersama. Berbeda dengan pola gerakan sosial tradisional yang notabene dicirikan dominannya tujuan ekonomis-material sebagaimana tercermin dari gerakan kaum buruh. Sedangkan gerakan sosial baru (GSB) lebih berorientasi pada tujuan-tujuan non-material. Isu yang diusung lebih luas menyangkut misalnya gerakan feminis, gerakan lingkungan, gerakan anti-nuklir, gerakan anti-globalisasi, dan lain-lain. Aktor-aktor yang terlibat pun lebih luas, lintas-kelas, lintas-agama, lintas-wilayah, dan lain-lain. Sobat Bumi Indonesia adalah salah satu bentuk gerakan sosial baru yang okus pada isu lingkungan dan kemanusiaan.


Pada galibnya komunitas sobat bumi masuk pada kategori organized environmentalist atau voluntary environmentalist, yaitu bergerak melalui jaringan-jaringan yang khusus untuk berusaha memperbaiki lingkungan hidup mereka. Sobat Bumi Indonesia melakukan berbagai macam cara dilakukan untuk berusaha memperbaiki kondisi lingkungan, baik dengan aksi, turun langsung ke jalan ataupun bentuk-bentuk lainnya.


Sobat Bumi Indonesia (SOBI) adalah suatu wadah bagi pemuda Indonesia yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah lingkungan hidup yang terjadi di sekitarnya sehingga dapat bergerak untuk melakukan sebuah tindakan inovatif, sinergis dan berkelanjutan serta berperan aktif dalam usaha memelihara kelestarian lingkungan hidup untuk generasi sekarang dan masa depan demi terciptanya Indonesia hijau. Bermula dari sekumpulan anak muda Indonesia yang tergabung dalam penerima beasiswa sobat bumi Pertamina Foundation, forum tersebut bertransformasi dan mendeklarasikan diri sebagai sebuah organisasi independen bernama Sobat Bumi Indonesia.


Organisasi nirlaba hasil bentukan para penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi S1 dengan tujuan sebagai wadah bagi para penggiat lingkungan hidup untuk melakukan aksi nyata gerakan peduli lingkungan. Komunitas SOBI dideklarasikan pada tanggal 22 Februari 2012 dan disahkan bersama di Legian, Bali 21 Febuari 2014. Saat ini, Sobat Bumi Indonesia tersebar di 22 kota dengan lebih dari 800 anggota di dalamnya yang akan terus bertambah. Tujuan Sobi Indonesia selanjutnya adalah memperluas aksi, jaringan dan keanggotaan. Sobi adalah kerja jejaring sosial dengan prinsip "belajar, berbagi dan bergerak bersama".


Organisasi dengan ikatan komitmen peduli lingkungan pada tahun 2016 secara legal mendapat perijinan badan hukum dari Menkumham RI No. AHU-0006776.AH.01.07 Tahun 2016, Tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Sobat Bumi Indonesia.