Aktivitas

Pelepasan Beasiswa Pertamina IIT Angkatan I

Pertamina Foundation melepas 85 siswa/siswi penerima Program Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur (IIT) di Aston Hotel and Covention Centre Denpasar-Bali. Pelepasan secara simbolis ditandai dengan penyerahan medali dan sertifikat kelulusan program Beasiswa IIT oleh Ketua Yayasan Pertamina Foundation bersama Corporate Secreatry PT. Pertamina (Persero) pada tanggal 09 Mei 2017.

Program Beasiswa Pertamina IIT Tingkat SMA/SMK dirancang untuk bantuan pendidikan bagi para putera-puteri daerah 3T (Terluar, Terjauh, dan Terpencil) dari wilayah Papua dan Papua Barat yang kurang mendapatkan akses pendidikan yang memadai. Alasan pemerataan pendidikan dan percepatan penyediaan SDM yang lebih terampil merupakan hal paling utama yang melandasi mengapa Pertamina meluncurkan program beasiswa IIT ini.

Pelesapasan tahun ini merupakan pelepasan Angkatan II yang berjumlah 85 penerima beasiswa dari 5 sekolah mitra, yaitu SMAN 5 Denpasar-Bali, SMA BPK Penabur Sukabumi-Jabar, SMKN 3 Sukabumi-Jabar, SMKN 1 Probolinggo-Jatim, dan SMKN 2 Probolinggo-Jatim. Sebelumnya Pertamina Foundation telah berhadsil menyelesaikan angkatan I sejumah 44 penerima beasiswa pada tahun 2016 lalu. Prestasi terbaik penerima beasiswa Inspirasi Indonesia Timur yang lulus pada tahun 2016 terdapat 3 orang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di China dan 19 orang diterima di Perguruan Tinggi dalam negeri.

Rangkaian kegiatan pelepasan ini terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu kegiatan Seremonial penyerahan sertifikat kelulusan program IIT SMA/SMK Angkatan II di Aston Hotel and Covention Centre Denpasar, dan kedua Kegiatan Green Action "Resik-Resik Pantai Legian". Kegiatan Green Action "Resik-Resik Pantai Legian" dilaksanakan anak-anak peserta program beasiswa IIT bersama mayrakat atau turis yang kebetulan sedang di pantai Legian. Dilaksanakkan pagi hari dengan membersihkan sampah di sepanjang pantai Legian-Bali. Lebih semarak dengan kampanye membagikan baggu bag untuk mengurangi sampah plastik dengan mengajak wisatawan asing dan domestic dimana program ini merupakan bagian dari Program Pertamina Hijau dalam upaya mendorong pelestarian lingkungan.

Seperti yang diharapkan, Pertamina Foundation telah menjadikan anak-anak dari Papua menjadi mutiara energi perubahan untuk membangun daerah asalnya. Para lulusan program beasiswa Pertamina IIT telah menajadi inspirasi Indonesia untuk dunia. Dari timur merajud kesejahteraan dan kesatuan Indonesia.

Salam Sobat Bumi,
Belajar, berbagi dan bergerak bersama. (pf:Mei 2017)